Kodim 0903/Bulungan Gelar Kegiatan Sholat Istisqo Dan Doa Bersama Memohon Turunnya Hujan di Seluruh Negeri

 


Tanjung Selor, Kodim 0903/Bulungan gelar Kegiatan Sholat Istisqo Dan Doa Bersama Memohon Turunnya Hujan Di Wilayah Kodim 0903/Bulungan bersama anggota Korem 092/Mrl dan Denpom VI-3 Bulungan bertempat di Lapangan Tenis Kodim 0903/Bulungan Jalan Kolonel Soetadji Tanjung Selor, Kab Bulungan, Kamis (7/9/2023).


Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, seringkali mengalami tantangan cuaca ekstrem. Salah satu masalah yang kerap dihadapi adalah kekeringan dan mengantisipasi kebakaran hutan yang dapat berdampak buruk pada pertanian, pasokan air bersih, dan kehidupan sehari-hari warga. Oleh karena itu, upaya untuk memohon hujan menjadi suatu ritual yang sering diadakan, salah satunya melalui Sholat Istisqo dan doa bersama.


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mengatakan Kodim 0903/Bulungan menggelar kegiatan Sholat Istisqo dan doa bersama guna memohon turunnya hujan. Kegiatan ini biasanya diadakan saat musim kemarau berkepanjangan atau ketika kekeringan menjadi masalah yang mendesak dan mengantisipasi kebakaran hutan. Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dan doa bersama seluruh masyarakat untuk memohon rahmat hujan dari Yang Maha Kuasa.


Sholat Istisqo adalah salah satu bentuk sholat khusus yang dilakukan saat memohon hujan. Sholat Istisqo ini dilakukan dengan penuh khidmat, di mana para jamaah bersama-sama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar hujan turun dan mengakhiri musim kemarau yang panjang. Selain itu, risiko kebakaran hutan dan lahan juga meningkat selama musim kemarau.


Selain Sholat Istisqo, doa bersama juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini. Para peserta memberikan doa-doa yang tulus, memohon agar hujan segera turun dan mengalirkan berkah bagi seluruh negeri. 


Tidak hanya sebagai kegiatan spiritual, Sholat Istisqo dan doa bersama juga menjadi momen penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan di antara berbagai lapisan masyarakat. Ini merupakan wujud solidaritas dalam menghadapi tantangan alam yang dapat mempengaruhi kehidupan semua orang.


Namun, upaya untuk mengatasi masalah kekeringan tidak hanya tergantung pada ritual keagamaan semata. Pemerintah, bersama dengan berbagai lembaga terkait, juga perlu mengambil tindakan konkret dalam manajemen sumber daya air, peningkatan infrastruktur, dan kampanye kesadaran lingkungan.


Selain memohon turunnya hujan, kegiatan ini juga memiliki dimensi perlindungan lingkungan yang penting. Musim kemarau seringkali memicu kebakaran hutan dan lahan yang merusak ekosistem dan mengancam kehidupan manusia. Dalam doa bersama, Kodim 0903/Bulungan juga memohon perlindungan dari bencana kebakaran hutan, serta kesadaran untuk menjaga dan melestarikan alam.


Kegiatan Sholat Istisqo dan doa bersama memohon turunnya hujan yang sangat dibutuhkan dan terhindar dari bencana kebakaran hutan di seluruh Indonesia menjadi contoh bagaimana agama dan budaya lokal dapat bersatu untuk mengatasi masalah bersama. Semoga dengan usaha bersama ini, Indonesia dapat mengatasi tantangan cuaca ekstrem dan memastikan pasokan air bersih bagi semua warganya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama