Samuel Kudupa Merajut Cita-Cita Melalui Program Si Ipar

 


Jayapura – Dalam upaya memajukan generasi muda dengan memiliki kemampuan literasi yang baik, Satuan Tugas Binmas Ops Rasaka Cartenz di wilayah Dogiyai terus mengimplementasikan Program Polisi Pi Ajar (Si Ipar) secara rutin. Kali ini  program tersebut  terlaksana pada Jumat (25/08/23) di Kampung Kigamani, Distrik Kamuu. 


Tanggapan positif dari masyarakat sekitar dan antusiasme anak-anak di Distrik Kamuu menjadi indikator keberhasilan program ini. Mereka kini menjadi binaan dari Satuan Tugas Binmas Ops Rasaka Cartenz 2023.


Salah satunya adalah Samuel Kudupa. Bocah berusia 12 tahun ini adalah salah satu murid dari personel Satuan Tugas Binmas yang mengikuti Program Si-Ipar selama tujuh bulan terakhir. 


Meskipun tidak mendapatkan akses formal pendidikan, hal itu tidak menghalangi Samuel untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya. Setiap harinya, ia dengan tekun mengunjungi Polsek Mapia untuk belajar bersama personel Binmas.


Awalnya, Samuel belajar dari dasar, seperti mengenal huruf abjad dan angka. Namun, kini ia telah mampu menulis dan berhitung berkat proses belajar yang bertahap dan terarah.


Semangat belajar Samuel yang tinggi membuktikan kesuksesan Polri dalam memberdayakan anak-anak di wilayah terpencil Papua.


"Polisi yang mengajar saya sangat sabar. Berkat bimbingan mereka, kini saya bisa menulis dan menghitung. Terima kasih bapa polisi. saya semakin semangat untuk terus belajar," ucap Samuel.


Aipda Taslim, seorang pengajar dari Satuan Tugas Binmas Wilayah Dogiyai, mengungkapkan bahwa Samuel adalah contoh dari banyak murid yang memiliki semangat belajar yang luar biasa. 


"Program Si Ipar akan terus berlanjut dengan harapan anak-anak di Distrik Mapia menjadi terampil dalam membaca, menulis, dan berhitung," ungkapnya.


Ia menjelaskan bahwa program ini selaras dengan tujuan untuk memotivasi anak-anak dalam belajar dan mengisi waktu luang mereka. Selain itu, program ini juga membantu membangun hubungan yang erat antara anak-anak dan polisi.


"Kami berharap, melalui pelaksanaan rutin Program Si Ipar ini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Dogiyai akan meningkat. Hal ini juga akan berdampak positif pada peningkatan kualitas generasi muda Papua yang cerdas," tutur Aipda Taslim.


Program Si Ipar, yang dikelola oleh Satuan Tugas Binmas Ops Rasaka Cartenz, bertujuan untuk mendukung usaha pemerintah daerah dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ini menjadi penting mengingat bahwa IPM Kabupaten Dogiyai pada tahun 2022 masih tergolong rendah, yaitu di bawah 60.


Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, menegaskan, Program Si Ipar yang dijalankan secara konsisten dan terjadwal demi memacu  semangat belajar anak-anak di wilayah tersebut terutama yang belum mendapatkan akses pendidikan dengan optimal. 


"Kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, potensi dan kemajuan yang dimiliki oleh anak-anak dapat terstimulasi dengan baik, memberikan manfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun masa depan mereka," pungkas Kasatgas Humas.


Jayapura, 26 Agustus 2023


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama