Pangdam /Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo Kunjungi Kodim 0904/Paser

  


Kodim 0904/Paser, Kecamatan Tanah Grogot. Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/Mulawarman Ibu Rahma Tri Budi Utomo melakukan kunjungan kerja Ke Kodim 0904/Paser. Kamis (24/8/2023)


Turut hadir dalam kunjungan PangdamVI/Mulawarman ke Kodim 0904/Psr yakni Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo beserta Ibu, Asops Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Mustakim, S.I.P, M. Si beserta Ibu, Aslog Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Tumito Susanto, S I.P beserta Ibu, Kapendam VI/Mlw Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono, S.I.P, Kasi Intel Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Bambang Hermanto dan Kasmin Pangdam VI/MIw Mayor Inf Dipa Dipura.


Sesampainya di Makodim 0904/Psr, Pangdam VI/Mulawarman menerima acara penyambutan, pengalungan kain sasirangan, laporan dan hormat jajar serta penyambutan dari Forkopimda Kabupaten Paser dan perwira Kodim.


Dalam kesempatan tersebut seluruh prajurit, PNS dan anggota Persit KCK Cab XVII Dim 0904/Psr juga menerima pengarahan dari Pangdam VI/Mulawarman.


Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, kunjungan yang dilakukan ke Kodim 0904/Psr ni merupakan rangkaian kunjungan kerja yang rutin dan harus dilaksanakan disetiap satuan yang berada dibawahnya salah satunya di Paser ini.


"Wilayah binaan saya ini ada di Kaltara, ada di kaltim dan Kalsel dan ada 25 Kodim yang harus kita kunjungi, makanya ini merupakan rangkaian kunjungan ke satuan-satuan ke bawah," kata Mayjen TNI Tri Budi Utomo, usai memberikan pengarahan kepada para Prajurit dan Persit Kodim 0904/Paser.


Mayjen TNI Tri Budi Utomo melanjutkan, adapun penekanannya yang pertama adalah bagaimana menyiapkan penanganan Karhutla, pasalnya kita ketahui bersama saat ini merupakan fenomena El Nino. Jadi otomatis penekanan dari pemerintah pusat bahwa agar tidak terjadi kebakaran hutan yang bisa meluas di wilayah, khususnya di wilayah Kodam VI Mulawarman ini. 


Selanjutnya penekanannya terkait masalah Pemilu, jadi penekanan ia kepada satuan dibawahnya yakni kepada seluruh prajurit agar netralitas pada Pemilu 2024 nantinya.


"Itu harus dipegang teguh, tidak boleh ada tawar menawar, jadi netralitas harus untuk melaksanakan kegiatan pada pemilu nanti 2024," tegasnya.


Sementara itu Strategis penanganan karhutla kata Mayjen TNI Tri Budi Utomo, untuk karhutla nya sendiri, TNI bersama-sama dengan instansi-instasi yang ada instansi terkait melakukan suatu program yakni program pendeteksian awal terlebih dahulu. Mungkin pendeteksian awal dapat dari data satelit dan dilanjutkan dengan patroli dititik rawan seperti daerah yang kondisinya sudah mengering. 


"Alhamdulilah kalau disini saya lihat tidak ada tanaman gambut ya, jadi relatif lebih aman disini dibandingkan dengan di daerah lain. Jadi pada dasarkan kita harus lakukan deteksi dini dulu  baru kita siapkan sarana dan prasarana dari segi kebakarannya sendiri," bebernya.


Saat disingung terkait perlengkapan, ia menegaskan bisa dianggap lengkap tergantung dari luasannya dari daerah itu sendiri. Namun ia meyakin jika di daerah ini (Paser) sudah cukup karena Kodim 0904/Paser telah bekerjasama dengan Damkar, manggala Agni, BPBD, Polres Paser yang mengerahkan kekuatan semuanya baik dari kekuatan alat yang mereka miliki.


"Baik itu alat semprot pemadam, alat pemadam api dan baju anti apinya dan juga alat evakuasinya ada juga semuanya. Jadi saya rasa itu sudah cukup untuk kegiatan yang ada disini dan memang tidak perlu sampai dengan water bombing karena disini masih bisa terkendali semuanya," tambahnya.


Dim 0904/Psr

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama