Dukung MMD Unibraw, Dandim 0819 Hadiri Sosialisasi Pengelolahan Inovatif Limbah Rumah Tangga Menjadi Kompos


Pasuruan-Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh Noor Iskak, S.T menghadiri sosialisasi pengolahan inovatif limbah rumah tangga menjadi kompos dan eco-enzyme di Desa Wonosari, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan. Rabu (2/8/23).


Kegiatan ini merupakan bagian dari Mahasiswa Masuk Desa (MMD) Unibraw yang bertujuan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 12 mengenai pengelolaan limbah.


Pada acara tersebut, Letkol Arh Noor Iskak, S.T memberikan apresiasi dan dukungan atas inisiatif Mahasiswa Masuk Desa Unibraw dalam menjalankan program pengolahan limbah rumah tangga yang inovatif dan berdaya guna. Selain itu, beliau juga berbicara tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif limbah terhadap ekosistem.


Kegiatan pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos dan eco-enzyme ini diyakini dapat memberikan manfaat ganda bagi masyarakat Desa Wonosari. Selain mengurangi jumlah limbah yang dibuang begitu saja, program ini juga berkontribusi dalam menciptakan produk yang ramah lingkungan seperti kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk pertanian dan eco-enzyme yang bermanfaat sebagai pengganti bahan kimia berbahaya.


Dandim 0819/Pasuruan menyatakan harapannya agar kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut dan diadopsi oleh lebih banyak masyarakat di daerah sekitar. Upaya kolaboratif antara perguruan tinggi, pemerintah, dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan.


Melalui partisipasi aktif dalam pengolahan limbah rumah tangga ini, diharapkan masyarakat Desa Wonosari bisa menjadi contoh bagi wilayah lain dalam mendukung pencapaian SDGs 12 dan menjalankan prinsip keberlanjutan demi masa depan yang lebih baik. **

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama