Dialog Interaktif di Jayapura Bahas Polri Presisi dan Peran Polwan dalam Persiapan Pemilu 2024

 


Jayapura – Bertempat di Stasiun LPP RRI Pro I Jayapura telah dilaksanakan dialog interaktif dengan tema "Polri Presisi Untuk Negeri, Polwan Siap Dukung Pemilu Damai Indonesia Maju." 


Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (24/8/2023) pagi tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Kasie Propam Polres Jayapura, Iptu Susan Tecuari dan personel Dit Lantas Polda Papua Briptu Agustina Asmuruf.


Iptu Susan Tecuari dalam kesempatannya mengungkapkan implementasi Polri Presisi dalam tugas Polwan. Menurutnya, Polwan menjalankan setiap prinsip dari selogan Polri Presisi, termasuk prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan dalam aktivitas sehari-hari, baik di kantor maupun di lapangan yang berhubungan dengan masyarakat.


Iptu Susan juga menekankan bahwa peran Polwan langsung dirasakan oleh masyarakat, dan ini sejalan dengan semangat transparansi yang dianut oleh Polri Presisi.


Menyongsong Pemilu 2024, Iptu Susan menyebut bahwa Polwan dan Polri secara keseluruhan telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran pesta demokrasi tersebut. Pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi salah satu prioritas, dengan koordinasi erat antara satuan kerja di Polda Papua.


Iptu Susan juga mengingatkan betapa pentingnya keseimbangan antara tugas dinas yang berhubungan dengan masyarakat dan kepentingan keluarga bagi Polwan. 


“Kami para Polwan yang juga merupakan Polwan juga harus bisa membagi waktu antara kepentingan dinas yang bersinggungan dengan Masyarakat dan kepentingan keluarga sehingga perlu adanya tekad dan komitmen yang serius dalam menjalani keseharian sebagai seorang Polwan,” tuturnya.


Sementara itu, Briptu Agustina Asmuruf, menambahkan perspektif dari Ditlantas Polda Papua. Ia menyebut bahwa persiapan untuk Pemilu 2024 telah dimulai jauh-jauh hari, termasuk persiapan logistik yang diperlukan.


Briptu Agustina menekankan bahwa peran Polwan di Ditlantas tidak hanya sebatas mengatur arus lalu lintas, tetapi juga turut serta di tengah-tengah masyarakat pada titik-titik Pemilu untuk membantu dalam pengamanan.


Selain itu, ia menyoroti pendidikan yang ketat bagi Polwan, yang mencakup pembentukan karakter yang disiplin dan berintegritas. 


“Dalam Pendidikan Polwan juga dibentuk karakter yang disiplin serta berintegritas, dimana selama beberapa bulan di Sepolwan kami juga diajarkan untuk menanamkan sifat-sifat disiplin serta tegas dalam kehiduap sehari-hari dimana kedepannya akan diterapakan dalam kehidupan berdinas,” kata Agustina.


Kedua narasumber juga menekankan pentingnya niat, tekad, persiapan fisik, serta kehidupan beragama bagi calon Polwan. Mereka juga mengajak generasi muda yang berminat bergabung dengan Polwan untuk bersiap dengan baik.



Jayapura, 24 Agustus 2023



Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama