Kapolsek Gianyar laksanakan Rapat Koordinasi dalam Rangka Hari Raya Nyepi 1944

 


Gianyar, LintasBatasBali.com - Kapolsek Gianyar Kompol I Gede Putu Putra Astawa SH, bersama Camat Gianyar I Komang Alit Adnyana SSTP melaksanakan Rapat Koordinasi dalam Rangka Pelaksanaan Hari raya Nyepi tahun Baru Caka 1944 di wilayah kecamatan Gianyar, rabu (23-02-2022) pukul 13.00 s/d 15.00 wita.


Kegiatan pelaksanaan itu dibuka oleh Camat Gianyar dan dihadiri oleh Danramil Gianyar Kapten inf Hengky Histovery, Ketua Majelis Alitan Desa Adat kecamatan Gianyar, perbekel dan lurah se kecamatan Gianyar, Bendesa Adat yang diwilayahnya dilakukan kegiatan ogoh - ogoh, dan ketua pasikian yowana desa adat kabupaten Gianyar.


Sesuai dengan surat Edaran MDA (Majelis Desa Adat) serta penyampaian dari Gubernur Bali terkait persiapan dibawah dan teknis pelaksanaan ogoh - ogoh agar tetap melakukan segala ketentuan yang harus ditaati sehingga pelaksanaan ogoh - ogoh seluruhnya dapat berjalan dengan Aman dan Lancar.


Danramil Gianyar Kapten inf Hengky Histovery menghimbau agar dalam pelaksanaannya nanti setiap stakeholder melakukan koordinasi dan komunikasi dengan baik agar dapat berjalan sesuai dengan aman dan lancar dimasa pandemi ini, " kami dari TNI siap melaksanakan Backup kepada polri dalam pengamanan pelaksanaan hari Raya Nyepi." Ujarnya.


Kapolsek Gianyar Kompol I Gede Putu Putra Astawa SH juga menyampaikan dalam pelaksanaan kegiatan ogoh - ogoh di hari pengerupukan agar tidak terjadi satu masalah, dan juga menghimbau kepada setiap prajuru desa adat memiliki andil untuk mengarahkan, mengamankan serta bertanggungjawab terhadap khususnya saat pengarakan ogoh - ogoh di wilayah desa masing - masing.


Sementara itu dari pihak pasikian yowana  desa Adat kabupaten Gianyar yang disampaikan oleh Pande Made Widia menyatakan terimakasih atas dukungan semua pihak atas pelaksanaan kegiatan ogoh - ogoh.

Mengenai aturan pelaksanaan tersebut juga sudah disepakati bersama antar pasikian yowana se Bali dengan Gubernur dalam pertemuan sebelumnya antara lain, pengusung ogoh - ogoh maksimal 25 orang dengan tetap menjaga jarak dalam mengusung ogoh - ogoh , kewajiban swab antigen yang menjadi tanggungjawab Dinas kesehatan Provinsi Bali tanpa biaya, dan terkait penonton diharapakan agar dapat menonton hanya di depan rumah masing - masing juga dilarang untuk mengikuti pengarakan ogoh - ogoh tersebut.


Ketua majelis Alit Kecamatan Gianyar juga menyampaikan siap mendukung pelaksanaan ogoh - ogoh, " kami siap mendukung pada saat pengerupukan."  Tegasnya.


Hasil dari rapat koordinasi antara stakeholder terkait menyampaikan bahwa Perbekel / Lurah dan Bendesa dapat bertanggungjawab pada saat pengarakan ogoh - ogoh di wilayahnya masing - masing, swab antigen dilaksanakan  H-1 pengerupukan untuk waktu dan tempat ditentukan lebih lanjut, sedangkan untuk jumlah ogoh - ogoh sementara di 17 Desa / kelurahan wilayah kecamatan Gianyar sebanyak 47( empat puluh tujuh ) buah ogoh - ogoh. ( Bochari )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama